Penampilan Bandara Husein Sastranegara di 2016

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Senin 29 September 2014 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 29 474 1045828 cNUvFyGiIj.jpg Berikut Desain Bandara Husein Sastranegara yang Baru (Foto : Dok. Angkasa Pura II)

JAKARTA - Renovasi dan pengembangan Bandara Husein Sastranegara di Bandung sudah memasuki ground breaking hari ini. Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) ini nantinya akan di desain dengan konsep “Modern yet Traditional”.

"Konsep Modern yet Traditional dimana desain bangunan baru terminal terinspirasi arsitektur tradisional atap rumah khas Jawa Barat yakni Leuit  dan Julang Ngapak, serta senjata tradisional Jabar yaitu Kujang," demikian dikutip dari keterangan tertulis perusahaan, Senin (29/9/2014).

Bandara ini nantinya akan dibalut dengan nuansa biru indigo. Warna biru ini diambil dari dari warna yang dihasilkan tanaman tarum. Tanaman ini merupakan penghasil alami warna biru indigo, dan sering digunakan oleh masyarakat Sunda jaman dulu untuk mewarnai pakaian. 

Bandara ini nantinya akan dilengkapi dengan area komersial seluas 3.000 meter persegi, atau jauh lebih luas dibandingkan dengan eksisting hanya 500 per segi.

Pada tahun ini, diperkirakan pergerakan penumpang internasional dan domestik di Bandara Husein Sastranegara mencapai 3,08 juta penumpang. Maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain AirAsia, Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, Express Air, Silk Air, Wings Air, Susi Air, dan Tiger Air.   

Bandara Husein Sastranegara memiliki satu landas pacu atau runway berukuran 2.500 m x 45 m yang bisa mengakomodir penerbangan dengan pesawat sekelas Boeing 737-800 NG, Airbus A320, dan Boeing 737-900 ER.

"Melalui pengembangan yang akan menambah kapasitas terminal diharapkan masyarakat Bandung dan sekitarnya dapat mendapatkan pelayanan yang optimal di Bandara Husein Sastranegara," jelas GM Bandara Husein Sastranegara Yayan Hendrayani.

Pengembangan Bandara Husein Sastranegara merupakan bagian dari komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) untuk melakukan pengembangan di setiap bandara yang dikelolanya guna mencapai target menjadi world class airport company pada 2016.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini