nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Bahaya Mengintai Jika Tak Bersih Cuci Gelas Bekas Kopi!

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 06:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 30 472 1046443 yZJGcqGog0.jpg Awas, Bahaya Mengintai Jika Tak Bersih Cuci Gelas Bekas Kopi! (Foto : Huffingtonpost)

JAKARTA - Bagi Anda penggila kopi, menikmati secangkir kopi di pagi dan sore hari tentu sudah menjadi kewajiban. Apalagi dinikmati di teras rumah ditemani dengan cemilan dan koran.

Namun, tahukah Anda, menurut penelitian yang dilakukan NSF Internasional, jika mencuci gelas kopi yang tidak bersih lama-kelamaan akan menimbulkan ragi dan jamur yang berbahaya? Bahkan, ragi dan jamur tersebut mengandung kuman lebih banyak dibanding dudukan toilet. Menjijikkan bukan?

"Cangkir kopi yang lembab di mana jamur dan bakteri akan tumbuh subur dalam jumlah yang tinggi. Jika masuk ke dalam tubuh manusia tentu akan menyebabkan berbagai penyakit," kata salah seorang peneliti yang bernama Kelly Reynolds, yang dilansir dari Hufiingtonpost, Rabu (1/10/2014).

Selama ini, yang berkembang mungkin masyarakat menggunakan air panas untuk membersihkan sisa kopi di cangkir ini. Namun, ternyata cara tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut Reynolds, bahan paling efektif untuk membersihkan sisa ampas kopi ini adalah cuka, karena dapat mengandung mineral yang dapat mengikis ampas kopi.

Selain itu, jika Anda menggunakan mesin pembuat kopi di rumah, mesin tersebut harus dibersihkan secara rutin. Menurut Director of the Home Appliances and Cleaning Products Lab, Carolyn Forté, botol ,tutup dan filter keranjang harus dibersihkan setiap hari dengan air hangat dan air sabun.

Untuk membersihkan isi dalam teko dapat menggunakan air hangat, campurkan dengan air sabun yang tidak mengandung bahan pengikis. Gosok dengan spons lembut untuk menghilangkan ampas kopi yang menempel. Bilas, dan lap hingga kering. Sekarang mesin pembuat kopi Anda sudah bebas dari kuman.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini