nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun Pabrik Luar Jawa, Samsung Ditawari Insentif Lebih

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 09 Oktober 2014 15:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 09 320 1050240 tPR0qeViQI.jpg Bangun Pabrik Luar Jawa, Samsung Ditawari Insentif Lebih (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Perusahaan raksasa asal Korea Selatan, Samsung, memastikan akan membangun pabriknya di Indonesia. Samsung akan diberikan insentif khusus, bila pembangunan pabrik dilakukan di luar Pulau Jawa.

"Kalau mereka mau dapat insentif yang bagus, (pembangunan) itu tidak di Pulau Jawa," ujar Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional (KII) Kementerian Perindustrian Agus Tjahjana di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Agus menambahkan, pembangunan pabrik di luar Pulau Jawa tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pemerataan pembangunan industri di suatu daerah

"Insentif itu kan harus kita lihat dulu, karena insentif kan ada berbagai kelas, tergantung dia minta industrinya di mana," sebutnya.

Terkait insentif tax holiday yang diminta oleh Samsung untuk ekspansi pabriknya di wilayah Cikarang, Jawa Barat, hingga saat ini tengah dilakukan kajian.

"Itu nanti dilihat, apakah produk IT atau handphone itu termasuk (untuk dapat tax holiday). Karena tax holiday hanya ada lima area yang bisa dimungkinkan," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini