Ekonom Prancis Raih Nobel Ekonomi

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 14 Oktober 2014 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 14 213 1051891 5zUuIikNZu.jpg Ekonom Prancis Raih Nobel Ekonomi. (Foto: Reuters)

STOCKHOLM - Ekonom Prancis Jean Tirole meraih Nobel Ekonomi untuk analisisnya tentang sejumlah perusahaan besar, kekuatan pasar, dan regulasi. Lembaga pemberi penghargaan Nobel, Royal Swedish Academy of Sciences, mengumumkan hal itu kemarin.

Tirole merupakan orang Prancis kedua yang mendapatkan Nobel tahun ini.”Tirole merupakan salah satu ekonom paling berpengaruh di masa kita. Banyak industry didominasi oleh sedikit perusahaan besar atau monopoli tunggal,” ujar pernyataan juri Nobel di Stockholm, Swedia, seperti dikutip kantor berita AFP.

“Tanpa regulasi, pasar semacam itu sering kali memproduksi kondisi sosial yang tidak diinginkan, harga yang lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan atau perusahaan-perusahaan tidak produktif yang bertahan dengan  menghalangi perusahaan baru atau perusahaan yang lebih produktif,” ungkap juri dari Royal Swedish Academy of Sciences.

“Dia telah menjelaskan bagaimana memahami dan mengatur industri dengan sedikit perusahaan berpengaruh,” papar pernyataan juri.

Ekonom peraih Nobel itu akan menerima dana USD 1,1 juta. Riset yang dilakukan Tirole  menunjukkan bahwa regulasi pasar harus secara hati-hati di adaptasi sesuai dengan kondisi industri yang spesifik dari pada regulasi umum seperti tentang batas harga yang dapat memiliki banyak pengaruh.

”Penghargaan tahun ini dalam ilmu ekonomi terkait perihal menjinakkan perusahaan-perusahaan berpengaruh,” kata Staffan Normark, Permanent Secretary Royal Swedish Academy of Sicences.

Nobel ekonomi itu akan satu-satunya Nobel yang awalnya tidak termasuk dalam pengumuman Nobel lainnya. Nobel Ekonomi didirikan pada 1968 pada 1968 oleh Bank Sentral Swedia untuk memperingati 300 tahun lembaga keuangan tersebut dan pertama kali di anugerahkan pada 1969. Penghargaan Nobel lainnya telah dianugerahkan sejak 1901.

Nobel Ekonomi tahun ini yang diberikan kepada warga Prancis menandai berkurangnya dominasi Amerika Serikat (AS) dalam daftar penerima Nobel. Selama Dekade lalu, sebanyak 18 dari 20 peraih Nobel Ekonomi berasal dari AS, termasuk satu warga Israel-Amerika.

Tahun lalu, warga AS Eugene Fama, Lars Peter Hansen, dan Robert Shiller meraih Nobel Ekonomi setelah mereka menyoroti berbagai tren di pasar asset. Nobel Ekonomi ini menutup musim Nobel tahun ini. Sebelumnya Nobel Perdamaian diberikan kepada gadis berusia 17 tahun asal Pakistan Malala Yousafzai dan Kailas Satyarthi asal india serta Nobel Sastra kepada penulis asal prancis Patrick Modiano.

Beberapa penerima Hobel Ekonomi antara lain Paul Krugman, Milton Friedman, Friedrich August von Hayek, dan Joseph Stiglits. Jean Tirole lahir pada 9 Agustus 1953 yang saat ini merupakan Profesor ekonomi. Berbagai karyanya meliputi bidang organisasi industry, game theory, perbankan dan keuangan, serta ekonomi dan psikologi. Tirole juga menjadi kepala dewan Jean Jacquas Laffont Foundation di Toulouse School Economics, direktur sains di Industrial Economics Institute (IDEI) dj Toulouse, dan anggota pendiri Institute for Advanced Styuding Toulouse (IAST).

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini