nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Pengganti Armida Alisjahbana di Bappenas

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Minggu 26 Oktober 2014 17:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 26 20 1057151 sosok-pengganti-armida-alisjahbana-di-bappenas-RLPoMlCZcJ.jpg Sosok Pengganti Armida Alisjahbana di Bappenas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Andrinof Achir Chaniago atau yang lebih dikenal dengan nama Andrinof Chaniago lahir di Padang, Sumatera Barat, 3 November 1962. Ia menikah dengan Yultifani dan dikaruniai seorang anak yang bernama Auzi Amazia Domasti.

Ia menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia untuk program S1-nya. Kemudian ia melanjutkan ke Program Master Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi di universitas yang sama, Universitas Indonesia. Ia juga sempat kuliah di Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan.

Beragam kegiatan kini tengah ia tekuni. Di antaranya sebagai dosen di FISIP UI. Ia mengajar di tiga program sekaligus; S1, S2 dan Sarjana Eksistensi. Selain itu, ia merupakan Senior Fellow di The Habibie Center. Pada tahun 1999, ia bersama rekan-rekannya mendirikan Center for Indonesian Regional dan Urban Studies atau CIRUS. Di tahun 2008, ia mendirikan CIRUS Surveyors Group (CSG). Di sini, ia menjabat sebagai direktur eksekutif.

Ia juga aktif dalam organisasi sosial non profit seperti Anggota Dewan Redaksi Jurnal Galang. Jurnal ini mengupas pemikiran tentang penggalangan dana sosial. Selain itu, ia juga sempat menjadi Ketua III Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).

Selain menjadi dosen, ia juga aktif sebagai penulis. Salah satu karya tulisnya yang telah dibukukan di antaranya Gagalnya Pembangunan: Kajian Ekonomi Politik Akar Krisis Indonesia di tahun 2001. Selain itu, ia juga membuat tulisan di berbagai jurnal serta media massa.

Saat ini, ia juga menjabat sebagai anggota tim Visi Indonesia 2033. Tujuan sederhana dari tim ini adalah supaya pembangunan yang ada harus sejalan dengan konsekuensi dari kondisi yang ada dan bisa mewujudkan pertumbuhan dalam hal kesejahteraan masyarakat. Tim ini beranggotakan empat orang yang sama-sama memiliki keahlian yang mumpuni, yaitu Andrinof A Chaniago, Ahmad erani Yustika, Mohammad Jehansyah Siregar, dan Tata Mustasya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini