nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri ESDM: Subsidi BBM Rp1.200 T dalam Lima Tahun

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Sabtu 01 November 2014 10:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 11 01 19 1059715 menteri-esdm-subsidi-bbm-rp1-200-t-dalam-lima-tahun-vGr8oWdjtq.jpg Menteri ESDM: Subsidi BBM Rp1.200 T dalam Lima Tahun. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan subsidi negara untuk bahan bakar minyak (BBM) telah menjadi candu. Buktinya, dalam lima tahun terakhir, dana yang habis untuk menyubsidi BBM mencapai Rp1.200 triliun.

"Pada lima tahun, terakhir Rp1.200 triliun di-spending subsidi (BBM) jika dialokasikan ke produktif, hanya Rp600 triliun untuk ongkos bangun kilang," tuturnya di acara Diskusi Perspektif Indonesia di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (1/11/2014).

Menurutnya, Indonesia harus mampu menyikapi permasalahan subsidi BBM dengan dewasa agar bisa berdaulat di sektor energi. Dengan demikian, tutur dia, kedaulatan energi bukan mimpi belaka.

"Makanya jika ada pertanyaan, ‘Mimpikah kedaulatan energi ini?’ Saya akan jawab, ‘Bukan mimpi, ini hanya berani atau enggak untuk keluar dari kondisi kemunduran saat ini’," ucap dia.

Sudirman menjelaskan, sektor energi, termasuk BBM, merupakan sektor yang sangat penting dan harus disikapi dengan sangat bijak.

"Yang harus dipahami adalah sektor ini sangat penting. Namun, ada banyak negara yang tidak berani atau tumbuh di sektor ini. Hal itu membuat negara tersebut terperangkap sebagai negara yang tertinggal," ungkap dia. 

(wdi)

Berita Terkait

harga BBM

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini