nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendag Andalkan CPO Cs untuk Naikkan Ekspor

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Selasa 04 November 2014 18:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 04 320 1061034 kemendag-andalkan-cpo-cs-untuk-naikkan-ekspor-81dqXt9EZA.jpg Kemendag Andalkan CPO Cs untuk Naikkan Ekspor (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan optimistis untuk meningkatkan ekspor beberapa komoditi. Hal tersebut lantaran terdapat beberapa komoditi yang cukup berkembang seperi Crude Palm Oil (CPO).

"Beberapa komoditi cukup bagus seperti CPO, nikel, food dan perhiasan. Ada delapan komoditi yang saya kira akan menjadi andalan kita dalam peningkatan ekspor ini," tutur Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak di Kantor Kementerian Perdagangan Selasa (4/11/2014).

Sementara itu, terkait target 300 persen selama lima tahun yang akan diberlakukan kepada delapan komoditi tersebut. Nuz menjelaskan bahwa hal itu hanya dapat dilihat secara bertahap.

"Kita lihat saja nanti. Kita lihat dalam tahun ini," paparnya

Akan tetapi, dia juga masih belum memastikan adanya pencapaian target hingga akhir tahun 2014. Lantaran,terdapat penurunan dari beberapa sektor andalan.

"Karena kan ada delapan komoditi yang mengalami penurunan harga seperti Crude Palm Oil (CPO), kemudian sektor karet yang mengalami penurunan cukup tinggi khususnya dengan penurunan harga internasional,"tandasnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya produksi karet mengalami penurunan hampir 36 persen terhadap ekspor produk olahan karet Sumut. Dari hampir 381 juta Dollar AS pada Januari-Juli 2013, tercatat hanya menjadi sekitar USD120 juta.

Padahal secara volume, penurunannya hanya sekitar 15 persen, dari sekitar 140 ribu ton, menjadi hanya sekitar 120 ribu ton.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini