Share

Harga Cabai Tembus Rp80 Ribu/Kg di Padang

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 06 November 2014 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 06 320 1062021 harga-cabai-tembus-rp80-ribu-kg-di-padang-SJxHywvbOZ.jpg Harga Cabai Tembus Rp80 Ribu/Kg di Padang (Ilustrasi: Okezone)


 

PADANG - Sudah empat hari harga cabai merah dan hijau merangkak naik di pasaran, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk cabai merah saja saat ini harganya bervariasi mulai dari Rp60 ribu, Rp65 ribu bahkan mencapai Rp80 ribu per kilogram (kg), padahal sebelumnya harga normalnya hanya Rp40 ribu-Rp45 ribu.

Penjual cabai di Pasar Inpres I, Pasar Raya Padang, Edi, mengatakan bahwa harga ini naik sudah empat hari lalu. Untuk harga cabai merah naik sekira Rp60 ribu sampai Rp65 ribu. Sedangkan cabai hijau dari harga Rp28 ribu naik menjadi Rp40 ribu per kg. “Termasuk bawan merah naik, dari Rp15 ribu, naik menjadi Rp18 ribu per kg,” katanya pada Okezone, Kamis (6/11/2014).

Menurut Edi, naiknya harga cabai ini karena pasokan dari Jawa yang kurang, ditambah waktu panen tiga bulan lalu, harga cabai ini menurun drastis mencapai Rp25 ribu per kg membuat para petani malas mengolah lahannya.

“Akibatnya pasokan cabai ini berkurang untuk di Padang. Sedangkan bawang merah naik akibat kelangkaan, saat ini musim hujan, kita memasok bawang merah ini dari Alahan Panjang Kabupaten Solok,” ujarnya.

 

Edi juga membantah naiknya harga cabai ini bukan karena ada rencana menaikkan harga bahan bakar minyak, tapi ini memang murni dari pasokan petani yang kurang.

Beda ditingkat pengecer di warung-warung yang ada sekitar Kota Padang ini, jika sudah masuk warung harganya lebih naik lagi. “Kalau di sini kita jual cabai merah seharga Rp80 ribu per kilogram, naiknya harga caba ini karena pasokan dari petani juga kurang,” kata Nal (42) seorang pedagang di Kampung Nias Padang.

Fransiska Sagurung, ibu rumah tangga mengeluhkan naiknya harga tersebut. Biasanya Fransiska membeli 1 kg untuk beberapa hari, namun karena harganya naik, terpaksa beli per ons saja.

“Jika naik terus harga cabai ini bisa-bisa makanan di rumah bisa hambar alias tidak pakai cabai,” katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini