Pemerintah Berencana Bangun 11 Bendungan Senilai Rp8,2 T

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Jum'at 07 November 2014 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 07 470 1062536 pemerintah-berencana-bangun-11-bendungan-senilai-rp8-2-t-dEXeDY6Wpn.jpg Pemerintah Berencana Bangun 11 Bendungan Senilai Rp8,2 T (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) merencanakan membangun 11 Bendungan baru senilai Rp 8,2 triliun di 2015. Bendungan ini, nantinya akan menjadi tulang punggung pembangunan Indonesia.

 

"Yang pertama, jelas untuk mendukung swasembada pangan. Karena pertanian membutuhkan air supaya bisa berproduksi. Pemerintah saat ini target swasembada pangan dalam 3 tahun," ungkap Menteri PU Pera Basuki Hadimuljono di Kantor Kemen PU Pera, Jumat (7/11/2014).

Lebih lanjut dia mengatkan, pembangunan itu untuk mendukung pembangunan dan penyediaan energi listrik masyarakat dan industri. Pasalnya, untuk menumbuhkan industri, maka dibutuhkan banyak listrik.

"Bagian PU Pera mendorong pembangunan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Nah Bendungan ini akan dihubungkan dengan pembangunan PLTA. Air yang ngalir dari bendungan akan dijadikan sumber tenaga untuk menggerakkan turbin PLTA itu," ujarnya.

Sementara itu, keberadaan bendungan ini diyakini dapat mendukung penyediaan air bersih untuk masyarakat, serta bisa dimanfaatkan untuk peruntukan produktif yang lain.

"Perikanan bisa. Kemudian yang pasti karena ini melibatkan air yang banyak, jadi bisa mendorong penyediaan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum). Jadi memang bendungan ini multipurpose (serbaguna)," tandasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini