Mulai Dibangun, MRT & Monorel Bakal Disertifikati

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 12 November 2014 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 12 320 1064616 mulai-dibangun-mrt-monorel-bakal-disertifikati-jAQ25zZmx4.jpg Ilustrasi monorel. (Foto: Jakarta Monorail)
JAKARTA - Pemerintah akan melakukan pengujian sertifikasi sarana perkeretaapian terhadap monorel dan mass rapid transit (MRT). Pengujian yang akan dilakukan ini, sama dengan pengujian terhadap kereta api.

"Pada prinsipnya sama seperti pengujian kereta pada umumnya," kata Direktur Sarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Dwi Budi Sutrisno, di Kantornya, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Namun, Dwi menjelaskan, pembangunan monorel memang sudah masuk agenda pemerintah. Namun, sampai saat ini penyerahan laporan pengujian belum masuk kepada Kementerian Perbubungan. "karena belum dibangun sarana dan prasarananya, jadi belum ada," tambahnya.

Hal yang sama juga terjadi pada MRT. Menurut dia, masih belum terbangunnya sarana perkeretaapiannya, membuat MRT belum menyerahkan permohonan uji sertifikasi sarana perkeretaapian.

"Yang jelas, kalau ingin mendapatkan sertifikat, ya harus sesuai dengan peraturan, pencegahan kecelakaannya bagaimana, harus memenuhi syarat. MRT kan masih prasarana, kalau saranannya sudah baru, di situ nanti mereka akan mengajukan uji pertama, kita cek dulu rancang bangunnya," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini