nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPPU: Merpati Tutup karena Masalah Politik

Raisa Adila, Jurnalis · Rabu 12 November 2014 19:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 11 12 320 1064654 kppu-merpati-tutup-karena-masalah-politik-0mLq6X4tnc.jpg Merpati tutup lantaran banyak permainan politik. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ditutupnya maskapai penerbangan PT Merpati Airlines disebabkan karena permasalahan politik dan bukan karena tarif dan proses inovasi dari perusahaan pelat merah tersebut.

"Sekarang maskapai yang tutup itu apa karena tidak ada penumpangnya atau kesalahan management? Merpati tutup karena masalah politik. Bukan karena harga," ujar Ketua KPPU M Nawir Messi kala ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Sementara itu, terkait penetapan tarif dan peraturan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara mengenai tarif batas bawah penerbangan ekonomi, menurut dia tidak sejalan dengan harapan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Pasalnya aturan tarif tersebut dapat menghentikan proses inovasi.

"Batas bawah itu merugikan konsumen dan merugikan proses inovasi yang berlangsung," ucap Nawir.

Pertimbangan Dirjen Perhubungan Udara mengenai keselamatan penumpang, lanjut dia, membuat penafsiran akan batas bawah dalam dua hal yang berbeda. Oleh karenanya, KPPU akan menyusun rekomendasi agar mempertimbangkan kembali untuk mengontrol batas bawah.

Menurut dia, penetapan tarif bawah bukan membuat harga semakin turun, namun akan menaikkan harga. Tarif bawah yang direkomendasikan adalah 50 persen dari tarif atas.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini