Share

Rusia Mau Bangun PLTN di RI, Lokasinya Harus Tepat

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 13 November 2014 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 13 19 1064891 rusia-mau-bangun-pltn-di-ri-lokasinya-harus-tepat-O9LUNim3f0.jpg Rusia Mau Bangun PLTN di RI, Lokasinya Harus Tepat (Ilustrasi: Reuters)


 

JAKARTA - Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jarman mengaku belum mengetahui mengenai ada niatan Rusia untuk berinvestasi di Indonesia dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.

Menurut Jarman, jikalau benar ada niatan seperti itu, dirinya harus melakukan pertemuan untuk membahas lebih detail lagi soal realisasinya.

"Itu harus kita ketemui, berapa kapasitas. Nah tergantung kapan. belum tahu," kata Jarman di Kantornya, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Jarman mengungkapkan, PLTN memang sangat dibutuhkan dalam waktu ke depan. Namun, pembangunan PLTN ini harus dibangun di lokasi yang tepat.

"Suatu saat kita perlu pakai PLTN. Itu tapi kita harus cari daerah yang enggak ada gempa," tambahnya.

Menurut Jarman, di Indonesia sendiri telah ada lembaga mitra pemerintah yakni BATAN yang mengelola nuklir sebagai sumber tenaga listrik. Namun, dirinya belum mengetahui lokasi mana yang aman untuk pembangunan PLTN.

"Yang bisa aman itu tanya BATAN. Investasi bergantung kapasitas. Kapasitas gede justru murah," tutupnya.

Dapat diketahui, Pengusaha asal Rusia siap berinvestasi USD5 miliar atau setara dengan Rp61 triliun untuk pembangunan jalur transportasi kereta api di Pulau Kalimantan, pabrik alumunia dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini