nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tujuh Alasan Orang Membeli Produk Anda

Raisa Adila, Jurnalis · Minggu 16 November 2014 09:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 14 320 1065690 tujuh-alasan-orang-membeli-produk-anda-vIrIR0luH1.jpg Tujuh Alasan Orang Membeli Produk Anda. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Membuat seseorang untuk tertarik membeli sebuah barang merupakan hal yang juga harus dipelajari. Sebab, motivasi seseorang dalam membeli barang sangat berbeda-beda. Oleh karena itu, cara berkomunikasi yang baik sangat diperlukan sesuai dengan motif si pembeli.

Berikut uraiannya seperti dilansir dari about.com, Minggu (16/11/2014).

Motif estetika

Motif ini membuat seseorang ingin membeli barang-barang yang mempromosikan keseimbangan dunia atau hidup, keharmonisan, dan kedamaian. Juga keinginan untuk membeli hal-hal yang estetis, nyaman (emosional dan fisik), dan mengurangi ketegangan atau stres.

Jika motif ini yang menjadi dasar seseorang dalam membeli barang maka perlu dipastikan bahwa barang yang ditawarkan akan memberikan rasa damai dan harmonis, mengurangi jam kerja yang memungkinkan mereka lebih banyak waktu luang, mengurangi perselisihan di tempat kerja, dan sebagainya.

Motif altruistik

Ini merupakan motivasi untuk membeli hal-hal yang membuat hidup orang lain menjadi lebih baik, atau yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan tujuan ini, maka perlu menawarkan sesuatu dengan cara yang bisa membantu meningkatkan kehidupan seseorang, membangun kekompakan tim, membuat mereka menjadi pemimpin yang lebih baik bagi orang lain, dan sebagainya.

Motif ekonomi

Ini merupakan motivasi untuk membeli sesuatu berdasarkan nilai praktis, pengembalian investasi, atau nilai relatif keseluruhan untuk harga dan berdasarkan nilai banding ke hal-hal lain yang serupa yang tersedia di pasar.

Jika motif ini yang mendasari seseorang membeli barang, maka harus membuat koneksi yang jelas dan nyata bagaimana solusi yang tepat untuk memperbaiki kondisi moneter, dengan lebih hemat biaya, memberikan ROI terbesar, atau pada dasarnya meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Motif individualistis

Ini merupakan keinginan untuk membeli hal-hal yang unik, berbeda, atau terpisah dari yang lain disesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka atau tidak tersedia di pasaran. Mendapatkan prospek ini berarti Anda harus menunjukkan kepada mereka bagaimana solusi yang akan membuat mereka menjadi unik dan khusus, atau disesuaikan dengan situasi mereka yang sebenarnya dibandingkan dengan orang lain.

Motif politik

Ini merupakan motivasi untuk membeli hal-hal yang akan meningkatkan keahlian pembeli, membantu membuat mereka sebagai figur penting, meningkatkan kekuatan mereka, pengaruh, reputasi atau memberi mereka keunggulan kompetitif atas orang lain.

Dengan motif ini berarti harus menunjukkan solusi untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memimpin, membantu mereka mendapatkan perhatian atau dipromosikan, atau memberi mereka wewenang atau pengetahuan yang tidak dimiliki orang lain.

Motif peraturan

Sebuah penggerak untuk membeli hal-hal yang tradisional, mengikuti proses atau prosedur yang mapan serta membantu menjaga ketertiban. Mereka juga akan lebih suka sesuatu yang menyediakan keamanan dan kepastian.

Jika Anda menjual kepada seseorang dengan dimensi ini, Anda harus menunjukkan bagaimana produk Anda telah secara luas digunakan dan bahwa Anda memiliki proses yang sangat aman untuk memastikan semuanya dilakukan langkah-demi-langkah.

Motif teoritis

Ini merupakan keinginan untuk membeli hal-hal yang memberikan pengetahuan baru, mendidik, mengajar, atau menyediakan penguasaan beberapa subjek.

Mereka juga memiliki keinginan untuk belajar sesuatu yang tidak diketahui dan untuk meningkatkan keahlian mereka dalam sebuah topik tertentu. Pembeli ini mendapat kegembiraan tentang peluang untuk belajar lebih banyak, memperluas keahlian mereka dan mengeksplorasi pengetahuan yang tidak diketahui.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini