Jokowi Curhat Besarnya Subsidi BBM Hingga Australia

Fakhri Rezy, Jurnalis · Sabtu 15 November 2014 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 11 15 19 1065855 jokowi-curhat-besarnya-subsidi-bbm-hingga-australia-sOy7CPuQKY.jpg Jokowi Curhat Besarnya Subsidi BBM Hingga Australia (Joko Widodo: Okezone)

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam lima tahun terakhir subsidi BBM sudah menyedot anggaran hingga Rp714 triliun. Padahal, subsidi untuk kesehatan hanya Rp220 triliun dan anggaran infrastruktur Rp570 triliun.

Bukan itu, menurut Jokowi, subsidi energi tahun depan bakal menembus angka Rp430 triliun jika tidak ada kenaikan harga BBM. Jokowi lantas membandingkannya dengan biaya pembangunan waduk yang hanya sebesar Rp400 miliar.

“Dengan demikian, dana subsidi itu bisa digunakan untuk membangun 1.000 waduk. Bahkan juga bisa digunakan untuk membangun jaringan kereta api di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan yang hanya butuh sekitar Rp 360 triliun,” ungkap Presiden Jokowi pada pertemuan dengan warga Indonesia di Australia, yang diselenggarakan di Queensland University of Technology (QUT) Brisbane, Australia, tadi malam, mengutip laman setkab.

Mengenai banyaknya demo atau suara yang menentang rencana kenaikan harga BBM, menurut Presiden, lebih disebabkan kurangnya pemahaman mereka akan manfaat rencana tersebut.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pengalihan subsidi BBM sudah mendesak untuk dilakukan. Ia menyebutkan, subsidi BBM itu salah sasaran karena subsidi BBM lebih banyak dinikmati masyarakat mampu pemilik mobil.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini