nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menakertrans: Jangan Fokus Pada Upah

Athurtian, Jurnalis · Selasa 18 November 2014 05:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 11 18 320 1066903 menakertrans-jangan-fokus-pada-upah-02xtJEQmMh.jpg Menakertrans: Jangan Fokus Pada Upah (Ilustrasi: Okezone)
JAKARTA -  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri menegaskan bahwa selama ini kita hanya fokus pada upah buruh saja bukan bagaimana bisa menyelesaikan masalah di luar upah.

Menurut Dia perlu ada wacana baru yang menjadi solusi yang bisa menyelesaikan masalah upah

"Serikat kerja terlalu fokus pada isu upah.Upah itu kan satu-satunya pintu masuk keuangan buruh" ujarnya di Kantor SindoTV Jakarta Senin (17/11/2014)

 

Dia menjelaskan bahwa perlu ada penyelarasan dinamika. Bagaimana tidak terkonsentrasi pada uang masuk buruh tapi pada uang keluarnya juga.

"Jangan konsentrasi pada uang masuk, pintu keluarnya seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan dengan menekan cost pengeluaran mereka" katanya.

Dia menjelaskan lebih jauh bahwa uang keluar ini harus dikecilkan.Dia juga akan mendiskusikan dengan pihak industrial bagaimana bisa menekan cost mereka sebesar 30persen.

"Ada standarisasi kesejahteraan mereka,

Misalnya pemerintah, kita dan dunia usaha bgaimana membuat isu perumahan kesehatan dan pendidikan jauh lebih murah dan kalau dengan gaji 1juta mereka mau ke puskesmas bisa gratis dan itu bisa menekan 30persen pengeluaran mereka" tandasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini