nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahmat Gobel : Harga Cabai Naik Bukan karena BBM

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 20 November 2014 08:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 20 320 1068134 rahmat-gobel-harga-cabai-naik-bukan-karena-bbm-kPhwtF43Fd.jpg Rahmat Gobel : Harga Cabai Naik Bukan karena BBM (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Harga cabai yang menembus angka Rp130 ribu per kilogram (kg) ditengarai bukan karena imbas kenaikan harga BBM. Namun karena faktor cuaca.

"Harga cabai bukan karena BBM," tegas Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dalam diskusi terbatas dengan media di Gedung Kementerian, Jakarta Pusat, semalam.

 

Pernyataan itu diperjelas oleh, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Sri Agustina, yang mengatakan harga cabai memang cenderung meningkat belakangan ini. "Harga cabai naik karena kekurangan pasokan ke pasar. Kalau bicara suplai cukup untuk satu tahun. Tetapi yang kurang adalah pasokan per bulan," ucap Sri.

Biasanya, lanjut Sri, cabai rentan terhadapa musim ekstrim yaitu musim kering dan musim hujan. Ditambah lagi petani di Indonesia belum menguasai tehnik produksi dan memanen sepanjang tahun. Seperti diketahui, saat ini sudah memasuki musim hujan.

Hal lain yang mempengaruhi adalah lahan pertanian cabai berkurang drastis. Sehingga mempengaruhi suplai ke pasaran.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini