Share

Ganjar Pramono Siapkan Lahan untuk Pembangunan Power Plant

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 21 November 2014 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 19 1068735 ganjar-pramono-siapkan-lahan-untuk-pembangunan-power-plant-YT39VYVuxQ.jpg Ilustrasi listrik. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyoroti kurangnya listrik pada industri. Oleh karena itu, pembangunan pembangkit listrik di berbagai daerah terus didorong.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pramono mengaku akan menyiapkan lahan baru agar pembangunan pembangkit listrik di wilayah yang dirinya pimpin ini cepat terealisasi.

Pasalnya, pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Batang sampai saat ini masih belum juga terealisasi dengan baik. Meskipun pada akhirnya proyek tersebut dihentikan sementara oleh Chairul Tanjung saat masih menjabat menteri koordinator bidang perekonomian.

"Atau tidak saya menyediakan lahan yang lain untuk orang bisa masuk lagi, kemarin di cilacap itu akan ada yang masuk kurang lebih 5x1.000 mw lebih gede lagi, atau tidak saya mau pindahin lah," kata Ganjar di JCC, Jakarta, Kamis (20/11/2014) malam.

Dia menuturkan, sampai saat ini masih dilakukan tahap pendekatan, dan adanya pembicaraan dengan PT PLN (Persero) yang berniat ingin meneruskan proyek tersebut.

"Kalau itu diambil alih oleh PLN maka, ini punya negara nanti akan menggunakan UU pengadaan tanah untuk pembangunan, atau bisa menggunakan konsinyasi maka ada nota perjanjiannya apa belum," tambahnya.

Namun, pemerintah daerah bagian Jawa Tengah masih menunggu kepastian pengeksekusian proyek tersebut. "Kami masih menunggu, tapi presiden sudah bicara apa itu namanya bisa jalan dengan mekanisme yang ada," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini