nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganjar Yakin Kenaikan Harga BBM Banyak Positifnya

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 21 November 2014 10:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 11 21 320 1068759 ganjar-yakin-kenaikan-harga-bbm-banyak-positifnya-9RYy5xQpbf.jpg Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pramono mengatakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi banyak memberikan manfaat. Salah satunya adalah biaya penghematan tersebut bisa dialokasikan sebagai dana pembangunan infrastruktur.

"Kenaikan BBM itu given. Sekarang tinggal gimana menyikapi. Kalau ini bisa dihemat untuk Rp100 triliun, itu untuk waduk," kata Ganjar di JCC, Jakarta, Kamis (20/11/2014) malam.

Ganjar melanjutkan, biaya penghematan paska kenaikan harga BBM bersubsidi juga bisa dimanfaatkan sebagai upaya pemerintah memodernisasi sektor pertanian di Indonesia.

"Saya Alhamdulillah sudah bicara sama Kementerian PU dan Kementerian Pertanian, untuk lima waduk. Kementan untuk menyumbang bahan irigasi 80 ribu hektar, modernisasi pertanian," tambahnya.

Selain itu, upaya pemerintah menghemat konsumsi BBM bersubsidi juga semakin dikomitmenkan dengan membentuk tim reformasi tata kelola migas yang diketuai oleh ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri.

"Minimal lumayan antisipasi kenaikan BBM pemerintah pusat untuk mafia migas. Kalau itu bisa dilakukan, efisiensinya akan lebih banyak," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini