nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Sukses Bisnis Online dari Cyber Monday

Raisa Adila, Jurnalis · Sabtu 29 November 2014 09:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 29 320 1072251 tips-sukses-bisnis-online-dari-cyber-monday-tjcrRc9Pus.jpg Tips Sukses Bisnis Online dari Cyber Monday. (Ilustrasi: Faridha/Okezone)
JAKARTA - Cyber Monday merupakan penjualan online dengan diskon besar-besaran di hari Senin. Program ini muncul setelah program Black Friday sukses di Amerika Serikat (AS). 
 
Cyber Monday secara informal tercipta dalam sebuah diskusi online pada tahun 2003 dan dipopulerkan pada tahun 2005 oleh media dan pengecer yang ingin meningkatkan penjualan online.
 
 
Selama satu dekade terakhir, Cyber Monday telah berkembang setiap tahun dengan peningkatan penerimaan perdagangan elektronik. Namun, tidak semua pemilik bisnis online meraup keuntungan dari fenomena pemasaran ini.
 
Berikut adalah beberapa tips sukses memasarkan produk dalam Cyber Monday, seperti dilansir dari about.com, Jumat (28/11/2014).

1. Sukses memasarkan dengan email

Mempromosikan Cyber Monday melalui teknik pemasaran dari orang ke orang cuma bisa sukses di masa lalu. Terkadang, sebuah email dengan penulisan yang baik dapat menjadi lebih efektif daripada harus menghabiskan banyak waktu dengan teknik marketing biasa.

2. Gunakan media sosial untuk memancing pelanggan

Pesan gratis dan berbayar di situs-situs seperti Facebook, Twitter, dan Instagram selama masa liburan akan memicu orang-orang untuk melakukan pembelian khusus. Pertimbangkan insentif khusus seperti diskon, istilah pembiayaan yang menarik, harga waktu terbatas untuk meningkatkan minat, dan sebagainya untuk membuat pelanggan lebih tertarik lagi.

3. Perbarui website e-commerce dan halaman website
 
E-mail yang efektif dan kampanye media sosial Cyber Monday tidak akan berpengaruh jika halaman arahan website ataupun situs e-commerce mengecewakan. Sebelum menambahkan promosi kampanye tertentu, pastikan untuk meninjau dan memperbarui website e-commerce Anda.

4. Ramah ponsel

Sukses dengan penjualan online, Cyber Monday akan dibuat dengan ponsel, tablet, atau notebook. Pertimbangkan menghubungkan toko online Anda ke aplikasi yang user friendly atau pastikan bahwa itu adalah ponsel responsif. Dengan mobilitas orang di zaman sekarang, membuat aplikasi pada gadget sangat dibutuhkan.

5. Jangkau masyarakat dunia

Meskipun 75 persen penjualan Cyber Monday berasal dari AS, beberapa negara juga akan menjadi pasar yang memiliki prospek baik di masa depan. Negara berpotensi tersebut diantaranya Kanada, Inggris dan Australia. Namun, Brasil, Rusia, India, China dan Jepang juga perlu dipertimbangkan dalam potensi tersebut.

Sehingga, perlu dilakukan terjemah Website ke dalam beberapa bahasa dan kemampuan untuk menerima berbagai mata uang yang akan membuka aliran pendapatan baru.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini