nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terpuruknya Harga Minyak Jadi Hambatan Soechi Lines

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Rabu 03 Desember 2014 13:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 03 278 1074012 terpuruknya-harga-minyak-jadi-hambatan-soechi-lines-MnksezWha8.jpg Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Okezone)
JAKARTA - PT Soechi Lines Tbk (SOCI) menurunkan jumlah saham perdana yang ditawarkan dari sebelumnya sebanyak 2,57 miliar saham atau 30 persen, menjadi hanya sejumlah 1,05 miliar atau 15 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Direktur Utama SOCI Go Darmadi memaparkan, market masih memiliki pandangan yang tidak terlalu baik terhadap bisnis pelayaran di Tanah Air. Pasalnya, banyak perusahaan sejenis mengalami gangguan pada kinerjanya.

"SOCI tidak seperti itu. Tapi trauma tersebut membuat keraguan terhadap investor dalam penyerapan saham SOCI. Jadi, ketimbang saham SOCI terserap sedikit dengan harga saham murah yang tidak mencerminkan perusahaannya, maka kami kurangi size-nya," ungkap dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Menurut dia, Soechi juga melakukan downgrade terhadap harga saham perseroan menjadi Rp 550 per saham, dari rencana awal sekitar Rp600-Rp800 per saham.

Senada, Komisaris Independen SOCI, Eddy Sugito, mengatakan, bisnis pelayaran di Tanah Air itu sangat terkait dengan harga minyak dunia. Namun, bila dilihat saat SOCI melakukan penawaran saham perdana, harga minyak berada di level rendah atau diharga USD 80 per barel.

"Saat kami melakukan roadshow, harga minyak sedang jatuh di level USD 80 per barel. Padahal bisnis SOCI itu sangat terkait dengan harga minyak. Jadi wajar jika respons pasar kurang baik saat penawaran kemarin," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini