nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aher Minta Sektor Hulu Jangan Jadi Anak Tiri

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 09 Desember 2014 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 09 320 1076979 aher-minta-sektor-hulu-jangan-jadi-anak-tiri-s0BQUyMeRr.jpg Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Foto: Okezone)
JAKARTA- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta sektor hulu juga tidak dijadikan anak tiri dalam pembangunan Giant Sea Wall. Meskipun, Giant Sea Wall memang sangat berguna untuk mengatasi persoalan banjir.

"Kalau kita perhatiannya tertuju pada tanggul raksasa saja, berarti kita tertuju pada hilir saja, nuansanya itu proyek. Padahal urusan air ini bukan hanya hilir tapi hulunya juga harus diurusi," tutur Aher usai menghadiri Rapat Koordinasi di Kementerian Koordinasi Perekonomian, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Menurutnya, untuk mengurusi sektor hulu dibutuhkan proyek konservasi. Dengan begitu serapan air juga lebih cepat. "Nah untuk hulu ini bukan hanya Kementerian PU dan Perumahan Rakyat saja tapi juga Kementerian Kehutanan," tambahnya.

Aher mengusulkan proyek konservasi tersebut dibutuhkan dana khusus pembelian lahan untuk konservasi. Hal itu dikarenakan bukan hanya vila-vila dan perumahan besar yang ada di hulu yang harus dibersihkan, tapi juga perkebunan sayur milik masyarakat akan terkena dampaknya.

"Saya usul ke Menteri tadi, pada kawasan-kawasan yang strategis tidak ada cara lain kecuali lahan tersebut dibeli. Untuk anggarannya nanti bisa dihitung, yang penting bikin targetnya dulu," tekannya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini