Pertamina Siap Modernisasi Lima Kilang Minyak

Raisa Adila, Jurnalis · Rabu 10 Desember 2014 08:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 10 19 1077108 pertamina-siap-modernisasi-lima-kilang-minyak-BbGuyVtgan.jpg Pertamina Siap Modernisasi Lima Kilang Minyak (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) hari ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Refining Development Master Plan (RDMP) dengan para mitra. Mitra tersebut yaitu Saudi Aramco dari Saudi Arabia, Sinopec dari China dan JX Nippon Oil & Energy dari Jepang.

Penandatanganan ini berarti upgrading dan modernisasi lima kilang Pertamina siap dilaksanakan. Kelima kilang minyak tersebut adalah Balikpapan di Kalimantan Timur, Kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah, Kilang Dumai di Riau, Kilang Plaju di Sumatera Selatan, serta kilang Balongan di Jawa Barat.

 

"Pengembangan kilang minyak dari 820 ribuan barel per hari untuk bisa jadi 1,6 juta barel per hari," ungkap Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto saat acara RDMP MoU Signing Ceremony di kantornya, Rabu (10/12/2014).

Target upgrading tersebut memang tidak serentak akan selesai. Namun ditargetkan 2025 kelima kilang sudah dilakukan modernisasi.

Adapun fase pertama dimulai pada 2018 yang terdiri dari empat kilang yaitu Plaju, Balikpapan, Cilacap dan Balongan. Sementara untuk Dumai akan dimulai pada 2021.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini