Image

Pertamina Siapkan USD25 Miliar untuk Modernisasi Kilang

Raisa Adila, Jurnalis · Rabu 10 Desember 2014, 11:36 WIB
https img o okeinfo net content 2014 12 10 19 1077198 pertamina siapkan usd25 miliar untuk modernisasi kilang isTYZoBCi4 jpg Pertamina Siapkan USD25 Miliar untuk Modernisasi Kilang (Ilustrasi: Okezone)
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membutuhkan investasi sekira USD25 miliar selama sepuluh tahun ke depan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan modernisasi lima kilang dalam kapasitas minyak yang dimilikinya.

"Ini komitmen yang kuat untuk kita benar-benar menuju kedaulatan energi," ungkap Direktur Pengolahan Pertamina Rahmad Hardadi saat konferensi pers di kantornya, Rabu (10/12/2014).

 

Menurut Hardadi, proyek modernisasi atau yang dikenal dengan Refining Development Master Plan (RDMP) ini merupakan upaya real yang dilakukan untuk membangun infrastruktur. Terlebih lagi tidak ada pembebasan tanah yang dilakukan karena area kilang minyak itu telah dimiliki sendiri oleh Pertamina.

RDMP adalah langkah untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki kapasitas pengolahan yang cukup untuk memenuhi permintaan produk bahan bakar dan petrokimia dalam negeri yang terus tumbuh. Nantinya, partner strategis untuk upgrading kilang tersebut akan mendapatkan akses ke pasar Indonesia yang berkembang pesat.

Penandatanganan MoU RDMP juga sudah dilaksanakan pagi tadi dengan 3 perusahaan minyak dan gas global yang terkemuka. Setelah penandatanganan tersebut, Pertamina dan partner strategis berencana membentuk tim bersama guna mengevaluasi kelayakan proyek.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini