nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebutuhan Gula Rafinasi Capai 3 Juta Ton

Danang Sugianto, Jurnalis · Sabtu 13 Desember 2014 17:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 13 320 1078832 kebutuhan-gula-rafinasi-capai-3-juta-ton-6ynegsfWpl.jpg Kebutuhan Gula Rafinasi Capai 3 Juta Ton. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah mengkaji wacana untuk memangkas kuota impor raw sugar sebagai bahan baku gula rafinasi. Hal itu pun diperkirakan menghambat pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) di Indonesia.

Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) mencatat bahwa kebutuhan gula rafinasi untuk industri mamin pada tahun ini mencapai 3 juta ton. Di tahun depan angka tersebut diperkirakan naik sekira 8–10 persen seiring estimasi pertumbuhan industri mamin dalam negeri.

Namun, pertumbuhan tersebut akan terhambat jika kebijakan pemerintah soal impor raw sugar masih belum jelas.

”Dengan masih tidak adanya kepastian tentang penerbitan izin impor raw sugar dari pemerintah yang terjadi hingga saat ini, maka kepastian produksi industri minuman ringan di awal 2015 menjadi terancam," tutur Ketua Asrim, Triyono Prijosoesilo, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/12/2014).

Dia berharap pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan ini secepatnya. Sebab jika tidak, industri mamin terancam berhenti di awal tahun depan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini