nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPK Gandeng Akuntan Publik untuk Periksa Keuangan

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 18 Desember 2014 11:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 18 320 1080897 bpk-gandeng-akuntan-publik-untuk-periksa-keuangan-oakKmE1pUq.jpg Ilustrasi laporan keuangan. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berencana mempererat kerjasama dengan Kantor Akuntan Publik (KAP). Nantinya, Akuntan Publik diberikan mandat untuk melakukan pemeriksaan keuangan di seluruh daerah.

"BPK harus memprioritaskan pemeriksaan kinerja, sementara untuk pemeriksaan keuangan bisa dilakukan oleh KAP. Jadi KAP bisa kami serahkan untuk pemeriksaan keuangan di daerah," ujar Ketua BPK, Harry Azhar Azis, dalam sambutannya di acara Kongres XII Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Lebih jauh Harry menuturkan, pemanfaatan KAP untuk membantu memeriksa keuangan dikarenakan jumlah SDM BPK yang belum cukup untuk menjangkau seluruh lembaga dan instansi di daerah.

"Selain itu, jumlah APBN dan APBD terus bertambah. Volume belanja APBN terus naik sebesar 50 persen," tambahnya.

Untuk pemeriksaan keuangan, BPK akan memberikan wewenang sepenuhnya seperti perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil audit. Namun, BPK tetap memosisikan diri untuk terus memantau kinerja dari KAP.

"Pada 2013 sampai 2014, secara keseluruhan KAP sudah baik. Namun masih perlu ditingkatkan pengetahuannya tentang peraturan Pemerintahan," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini