nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Pangkas Dividen Agar BUMN Berkembang

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 18 Desember 2014 12:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 12 18 320 1080942 jokowi-pangkas-dividen-agar-bumn-berkembang-BemtfimLsG.jpg Jokowi Pangkas Dividen Agar BUMN Berkembang (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung mengenai bagi hasil keuntungan (dividen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti yang diketahui, Menteri BUMN Rini Soermarno berencana mengurangi setoran dividen BUMN untuk tahun 2015.

"Sudah bertahun-tahun BUMN kita ini dibebani oleh dividen, sehingga mereka tidak bisa berkembang," tegas Jokowi saat acara Musrenbangnas dengan tema Pembangunan Berkualitas Menuju Bangsa Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Menurut Jokowi, jika setoran dividen BUMN ini dikurangi, maka BUMN akan mempunyai amunisi untuk melakukan ekspansi, sehingga menciptakan added value yang lebih besar.

 

"Kalau dividennya tidak diambil mereka bisa mengembangkan bisa ekspansi ke mana-mana, sehingga APBN kita sekarang ini jangan hanya tergantung pada pembayaran dividen BUMN-BUMN," imbuhnya.

Jokowi mengungkapkan, nantinya APBN ini lebih diarahkan dari penerimaan pajak dan dari penerimaan bukan pajak. Tidak lagi hanya setoran dividen.

"Konsentrasi kita ke situ, bukan dari pembayaran dividen BUMN-BUMN. Jadi biar berkembang, biarkan dividen-dividen itu dipakai untuk berkembang lebih besar lagi, asal untuk kebaikan rakyat, kebaikan negara ini," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini