nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelarangan Pejabat Rapat di Hotel Dinilai Salah Kaprah

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 25 Desember 2014 18:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 25 20 1083789 pelarangan-pejabat-rapat-di-hotel-dinilai-salah-kaprah-j8m0mwGWjo.jpg Pelarangan Pejabat Rapat di Hotel Dinilai Salah Kaprah (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Program penghematan anggaran pemerintah yang melakukan pengetatan di sektor pos perjalanan dinas, rapat di hotel dan sebagainya dinilai salah kaprah. Menurut pengamat ekonomi Ryan Kiryanto, hal tersebut hanya membuat kegiatan konsumsi di Indonesia menurun.

"Program penghematan pemerintah yang dilarang rapat di hotel itu salah kaprah," ungkap Ryan kepada Okezone, Jakarta, Kamis (25/12/2014).

Menurutnya, 5,5 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh kegiatan konsumsi. Sehingga, pemerintah seharusnya tetap mendorong kegiatan konsumsi baik di pemerintahan maupun konsumsi publik.

"Itu maksudnya, kalau mau rapat dan perjalanan dinas itu harus yang sesuai dan tepat sasaran biar tidak boros," kata Ryan.

Ryan juga mengatakan penerjemahan para Menteri dan jajarannya terkait penghematan yang dimaksud Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah kebablasan. Sebab, nantinya hal tersebut bisa memukul sektor riil di Indonesia.

"Nanti sektor riil jadi melemah, target pertumbuhan jadi turun," ucap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini