nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infrastruktur Bisa Picu Penurunan Inflasi Hingga 4%

Raisa Adila, Jurnalis · Jum'at 26 Desember 2014 08:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 12 25 20 1083826 infrastruktur-bisa-picu-penurunan-inflasi-hingga-4-Uj8wMG5XrN.jpg Infrastruktur Bisa Picu Penurunan Inflasi Hingga 4% (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Fokus pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur di Indonesia dinilai bisa menurunkan inflasi 3-4 persen. Hal ini diperkirakan paling cepat terjadi dalam tiga tahun ke depan.

"Setelah tiga tahun, kita bisa nikmati infrastrukturnya, sehingga bisa lebih efisien. Inflasi bisa turun 3-4 persen," ungkap pengamat ekonomi Ryan Kiryanto kepada Okezone, Jakarta, Jumat (26/12/2014).

Untuk mencapai hal tersebut, Ryan menyarankan agar pemerintah secepatnya membelanjakan penghematan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperoleh dari mengurangi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke pembangunan infrastruktur. Sehingga penyerapan tenaga kerja bisa dipercepat.

"Jadi mereka tidak pengangguran dan bisa melakukan konsumsi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tambah dia.

Menurut Ryan, inflasi di Indonesia cenderung tidak stabil karena kenaikannya, khususnya pada tahun ini cukup signifikan. Sehingga, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) harus fokus untuk menjaga stabilitas tersebut.

"Kalau inflasi bisa turun 3 sampai 4 persen kan sama seperti negara tetangga," tutup Ryan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini