Share

APBN Dibahas, Rupiah Akan Bergejolak

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 02 Januari 2015 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 01 20 1086667 apbn-dibahas-rupiah-akan-bergejolak-5VEN4aNMs0.jpg APBN Dibahas, Rupiah Akan Bergejolak (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA –Pemerintah menetapkan skema baru terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM), selain itu pemerintah juga diagendakan untuk menyerahkan draft Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN-P) Perubahan. Draft RAPBN-P tersebut ternyata bisa menjadi ancaman bagi stabilitas nilai tukar dalam negeri.

Pengamat Ekonomi dari Indef, Enny Sri Hartati menilai bahwa isi dari draft RAPBN-P bisa menjadi salah satu faktor penyebab goyangnya Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

"Gejolak Rupiah mungkin akan dimulai di Januari, karena pada Januari pemerintah mengumumkan RAPBN-Pnya," ucapnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

 

Menurutnya, jika pemerintah bisa mengakomodasi kemauan masyarakat pada draft tersebut, nilai tukar Rupiah bisa terkerek ke atas. Namun sebaliknya, jika RAPBN-P tidak sesuai harapan masyarakat Rupiah bisa kembali anjlok.

"Kalau itu (RAPBN-P) sudah mulai dibahas baru akan mulai lagi gejolak (Rupiah) di pasar, Kalau bisa mengakomodasi kemauan masyarakat Rupiah bisa jadi positif, begitu sebaliknya," tukasnya.

Sebagai informasi, pada pergerakan terakhirnya pada 24 Desember 2014 Rupiah dalam perdagangan non-delivery forward (NDF) melemah 6,3 poin ke Rp12.468 per USD dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di level Rp12.462 per USD.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini