Februari, Harga BBM Bisa Turun Lagi

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 08 Januari 2015 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 08 19 1089396 februari-harga-bbm-bisa-turun-lagi-AkM6Xl9YWQ.jpg Februari, Harga BBM Bisa Turun Lagi (Foto : Okezone)

JAKARTA - Kebijakan baru pemerintah mengenai harga Bahan Bakar Minyak (BBM), akan membuat harga BBM tersebut menjadi naik turun. Diperkirakan bulan depan harga BBM akan kembali mengalami penurunan.

"Insha Allah bulan depan (turun), sejauh ini kalau minyak dunia tidak naik," kata Menko Perekonomian Sofyan Djalil saat ditemui di kantornya, Kamis (8/1/2015).

Sofyan mengatakan, perhitungannya adalah penentuan harga rata-rata Mean of Plats Singapore (MOPS) tanggal 24-25 bulan sebelumnya sampai 24 bulan berjalan. Hal ini karena minyak yang dibeli Indonesia merupakan minyak satu bulan sebelum dipasarkan.

"Setelah melihat rata-rata MOPS, kemudian rata-rata dolar, ditambah alpa ditambah biaya dan lain-lain," kata dia.


Setelah penentuan harga tersebut selesai, Sofyan menambahkan akan menjadi kewajiban Pertamina untuk mendistribusikannya dan menjamin kesediaan minyak di seluruh Indonesia. Namun berapa besar penurunan harga BBM itu pada Februari belum dapat dipastikan.

"Harus dihitung, dihitung saja belum," tambah dia.


(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini