Lima Sektor yang Hambat Swasembada Pangan

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 09 Januari 2015 13:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 01 09 320 1089994 lima-sektor-yang-hambat-swasembada-pangan-cWCI3sKytK.jpg Lima Sektor yang Hambat Swasembada Pangan (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah sampai dalam beberapa tahun belakangan ini masih sulit untuk mencapai swasembada pangan. Hal tersebut jelas membuat harga jual produk-produk pangan nasional menjadi tidak stabil.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, ada lima faktor yang membuat Indonesia sulit mencapai swasembada pangan.

"Persoalan di lapangan, setelah dikunjungi 15 provinsi 60 kabupaten dalam waktu satu bulan, saya cek langsung, yang bermasalah ada lima, yaitu irigasi, benih, pupuk, penyuluhan dan alat musim pertanian," kata Amran di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Amran menyebutkan, usai blusukan ke-17 provinsi di Indonesia menilai bahwa 52 persen irigasi sudah mengalami kerusakan. "Sumut itu malah 82 persen. Ada (irigasi) yang 20 tahun tidak diperbaiki," tambahnya.

Sementara untuk benih, ego sektoral masih mempengaruhi penyerapan cikal bakal produksi pertanian tersebut. Di mana sepanjang 2014 penyerapannya hanya sebesar 20 persen.

"Begitu juga dengan pupuk yang masih sering terlambat pendistribusiannya," tambahnya.

Sedangkan untuk alat musim pertanian setidaknya telah membuat potensi produksi 3,5 juta ton lantaran adanya keterlambatan benih dan juga pupuk, serta masih kurangnya juga penyuluhan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini