nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Cabai Meroket, Mentan Ingin Stabilkan Industri

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 09 Januari 2015 13:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 01 09 320 1090001 harga-cabai-meroket-mentan-ingin-stabilkan-industri-IH8Qzwfqe6.jpg Harga Cabai Meroket, Mentan Ingin Stabilkan Industri (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan, harga cabai yang saat ini masih belum mengalami penurunan yang signifikan tidak melulu memberikan dampak negatif.

Namun, Amran tetap akan melakukan berbagai upaya agar seluruh sektor tidak merasa merugi lantaran harga cabai yang tidak stabil seperti saat ini.

"Nanti ke depan, kita upayakan ada industri untuk distabilkan. Ini harga petani dan pedagangnya juga. Karena kalau panen puncak dari harga dari petani turun dari Rp2.000 sampai Rp6.000, ini ke depan kita atur kalau bisa ada industri," kata Amran di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Amran menyebutkan, sebetulnya dengan harga yang tinggi saat ini justru telah memberikan harga yang layak kepada para petani. Adapun penyebab tingginya harga cabai lantaran musim panen puncak pada tahun sebelumnya.

"Cabai gak turun, pertanyaannya kalau harga Rp2.000 pernah gak kalian rasakan, kan kasian petani ini," ungkapnya.

Oleh karenanya, dengan upaya mewujudkan industri penyeimbang harga cabai ini, Amran mengaku para petani akan mendapatkan harga yang jauh lebih stabil.

"Semua berkontribusi. Ini kan panen puncak harga turun sampai Rp2.000, Rp4.000, Rp6.000 harus ada industri supaya panen puncak stabil," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini