Indonesia-Denmark Jajaki Sistem Perikanan Modern

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 17 Januari 2015 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 17 320 1093567 indonesia-denmark-jajaki-sistem-perikanan-modern-7ooGrXBMyk.jpg Ilustrasi ikan. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Indonesia dan Denmark sepakat untuk lebih meningkatkan kerjasama kemaritiman di antara kedua negara khususnya di bidang perikanan dan Pariwisata.

Pernyataan ini disampaikan oleh Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge usai menemui Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo, di Gedung BPPT, Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (17/1/2015), ‪Dubes Denmark Casper Klynge mengatakan beberapa program kerjasama yang segera dijajaki antara lain revitalisasi sarana budidaya perikanan modern yang dibangun Denmark di Balai Besar Riset Budidaya Laut di Gondol, Bali Utara.

"Dan juga kedatangan kapal-kapal yacht dan kapal wisata dari Denmark ke Indonesia, program serupa juga tengah dijajaki oleh Dubes RI di Denmark, Bomer Pasaribu," sebutnya.

‪Di samping itu, kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang keselamatan dan keamanan di laut sebagai implementasi terbentuknya Badan Keamanan Laut (Bakamla), sesuai Perpres No.178/Th.2014.

Terkait kerjasama tesebut, Menko Martim Indroyono Soesilo menyatakan kerjasama di bidang iptek dan inovasi teknologi, maka Indonesia dan Denmark akan bekerja sama dalam konservasi dan preservasi hutan mangrove di Laguna Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Itu merupakan tempat pemijahan ikan, penahan abrasi pantai dan sumber pangan, sekaligus membangun Desa Nelayan Inovasi Teknologi Percontohan di Desa Kampung Laut, segara Anakan yang merupakan bagian dari Program 1.000 Desa Nelayan Kemenristek dan Dikti," tandas Indroyono.

Sementara itu, ‪terkait dengan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia ,Indroyono menambahkan Denmark akan segera menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta melalui pengiriman para staf pengajar STP ke Denmark.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini