nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,8%, Ini Kata Jokowi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 22 Januari 2015 11:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 22 20 1095551 pertumbuhan-ekonomi-dipatok-5-8-ini-kata-jokowi-Jf9GU42Zzs.jpg Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,8%, Ini Kata Jokowi (Joko Widodo: Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pentingnya mencapai target pertumbuhan ekonomi pada tahun ini. Tercatat, di dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015, target pertumbuhan ekonomi dipatok 5,8 persen.

Jokowi menjelaskan, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 mencapai 5,1 persen, sedangkan untuk tahun ini ditargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,8 persen.

"Target pertumbuhan ekonomi di tahun 2015 antara 5,6 sampai 5,8 persen. Ini adalah sebuah target yang pesimistis juga tidak, optimistis juga tidak," ucap Jokowi dalam acara Pertemuan Presiden dengan Bupati dan Walikota Seluruh Indonesia di Istana Bogor, Kamis (22/1/2015).

Menurut Jokowi, angka yang ditargetkan tersebut bukanlah tanpa kalkulasi yang jelas dan matang. Mantan gubernur DKI Jakarta ini menyebut, target ini bisa dicapai jika dua hal dapat terpenuhi.

"Pertama penyerapan anggaran harus di atas 90 persen, semua kabupaten kemudian provinsi dan nasional. Sejak awal kita lihat BPKP nanti langsung dikendalikan presiden agar bisa pantau realisasinya agar betul-betul tercapai targetnya," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, yang kedua adalah investasi yang masuk ke Tanah Air. "Oleh sebab itu investasi di daerah harus didorong agar investasi terus masuk," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini