Jokowi Sebut Ruang Fiskal Tahun Ini Lebih Sehat

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 29 Januari 2015 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 20 1098739 jokowi-sebut-ruang-fiskal-tahun-ini-lebih-sehat-qvahxzabMp.jpg Ilustrasi: Reuters

BOGOR – Di depan para bupati untuk wilayah Sulawesi, Papua dan Papua Barat, Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa ruang fiskal atau ketersedian anggaran pada tahun ini lebih sehat.

Ruang fiskal ini dihasilkan dari kebijakan menghapus subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan hanya memberikan subsidi tetap untuk solar sekira Rp1.000 per liter, selain itu dari penghematan anggaran, sehingga mendapatkan dana tambahan ruang fiskal sekira Rp230 triliun.

"Memang ruang fiskal yang kita punya sekarang ini sudah sehat," kata Jokowi di Ruang Garuda, Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1/2015).

Menurut Jokowi, sehatnya ruang fiskal ini karena sudah tidak ada beban-beban yang mengganggu APBN. Selama ini anggaran pembangunan selalu tersandera dengan besarnya subsidi BBM.

"Saya sampaikan sehat karena beban-beban yang dulu menggandul pada anggaran kita sekarang ini sudah kita pangkas. Fiskal kita sehat," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini