nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Prinsip Dasar Pasar Bebas Versi JK

Athurtian, Jurnalis · Jum'at 30 Januari 2015 22:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 30 320 1099564 tiga-prinsip-dasar-pasar-bebas-versi-jk-VpHB3LV5wu.jpg Wapres Jusuf Kalla. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan ada tiga prinsip dasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang harus dipahami dalam menghadapi pasar bebas. Salah satunya kesiapan tenaga kerja.

"Ada flow perdagangan dalam MEA, prinsipnya bebasnya pergerakan orang, barang dan jasa. Artinya kita bisa bekerja sama dengan pihak asing, namun tetap bersaing," ujar JK dalam Seminar Nasional Peluang dan Tantangan Indonesia dalam MEA 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Dia menjelaskan, nantinya akan terjadi sistem komplementasi persaingan yang lebih baik dan mudah. "Dan yang menang siapa yang lebih cepat delivery dan murah," tutur dia.

Menurut JK, nantinya kerjasama dalam persaingan akan menjadi tren yang akan berjalan ke depan dalam sistem perdagangan bebas. Menurut dia, pada dasarnya pergerakan ekonomi itu terjadi dari pendapatan rendah menuju ke pendapatan yang lebih tinggi.

"Artinya yang bergerak itu dari pendapatan negara yang pendapatannya rendah ke tinggi. Otomatis itu akan terjadi. Yang memiliki skill akan mencari yang lebih baik," katanya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini