nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raja Energi Terbarukan, Miliarder Terkaya di China

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 04 Februari 2015 11:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 02 04 213 1101183 raja-energi-terbarukan-miliarder-terkaya-di-china-YlPHfXWwZS.jpg Raja Energi Terbarukan, Miliarder Terkaya di China (Lihejuin: Xinhua)

JAKARTA - Pendiri perusahaan e-commerce raksasa, Alibaba, Jack Ma tidak lagi menjadi orang terkaya di China. Kali ini, yang menyandang predikat terkaya di Negari Tirai Bambu tersebut adalah "raja energi terbarukan", Li Hejun (48).

Li adalah Chairman sekaligus CEO Hanergy Holdings Group Limited. Hanergy merupakan perusahaan asal Beijing yang memproduksi panel solar.

Li berhasil membuat kekayaannya naik tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Selain menjadi sosok paling kaya di China, peringkat global Li juga naik 108 not ke posisi 28. Demikian terungkap dalam Hurun Global Rich List 2015.

Miliarder ini fokus menurunkan biaya harga thin film solar. Pada 2013, dia mengakuisisi tiga produsen thin film solar di negara barat. Dia lalu mengakuisisi satu perusahaan lagi, yakni Alta Devices of California pada tahun 2014. Alhasil, dia mendapat insentif dari pemerintah setempat.

Li tumbuh besar di Provinsi Guandong. Dia menghasilkan kekayaannya dari penjualan elektronik di Beijing dan beralih ke hydropower.

Sekarang ini, perusahaannya menjalankan salah satu perusahaan hydropower terbesar di barat China, yakni di Provinsi Yunan. Pada tahun 2014, dia juga menerbitkan buku pertamanya, China New Energy Revolution.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini