Share

Rachmat Gobel Bocorkan Mendag Pembuka Keran Impor Baju Bekas

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 04 Februari 2015 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 04 320 1101315 rachmat-gobel-bocorkan-mendag-pembuka-keran-impor-baju-bekas-zc7y6bOEIs.jpg Mendag Rachmat Gobel (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel saat ini tengah gencar memberantas impor pakaian bekas ilegal yang sudah menjamur. Bahkan, Rachmat membocorkan bahwa peredaran ini sudah terjadi sejak lama.

Rachmat bahkan menyebut, hilir mudiknya pakaian impor bekas ilegal ini sudah marak ketika dirinya belum menjadi menteri seperti sekarang ini. Dirinya sendiri telah menggaungkan hal ini sejak masih menjabat sebagai pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

"Itu sudah lama digaungkan (impor baju bekas ilegal). Sejak saya masih jadi pengurus Kadin sudah saya gaungkan. Sekarang justru akan saya follow upsemuanya," tegas Rachmat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Diakui Rachmat untuk memberantas maraknya impor pakaian bekas ilegal tersebut cukup sulit, lantaran Indonesia notabene merupakan negara kepulauan, sehingga banyak pintu masuknya.

"Ya makanya itu, negara kita negara kepulauan dan panjang. Semua yang masuk itu melalui kapal kecil, menengah yang masuk ke dalam," tukasnya.

Sekadar diketahui, saat Rachmat Gobel aktif di Kadin pada 2001. Kalla itu Menteri Perdagangan dijabat oleh Luhut Binsar Panjaitan (era Kabinet Persatuan Nasional) pada 24 Agustus 2000 hingga 22 Juli 2001 dan dilanjutkan oleh Rini MS Suwandi (era Kabinet Gotong Royong) pada 10 Agustus 2001 sampai 20 Oktober 2004.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini