Share

Menkeu Sebut KUR Salah Sasaran, Tak Sentuh Petani

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Jum'at 13 Februari 2015 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 13 320 1105330 menkeu-sebut-kur-salah-sasaran-tak-sentuh-petani-Z7C6841ViE.jpg Menkeu Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Okezone/Arief)
JAKARTA - Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diberikan pemerintah selama ini dinilai tidak tepat sasaran. Pasalnya, KUR hanya disalurkan ke sektor perdagangan atau produksi, padahal di sisi produksi petani, nelayan dan industri juga membutuhkan program tersebut.

‪"KUR sistemnya sudah bagus hanya sasarannya saja yang salah, jadi ada produksi yang kadang-kadang terlupa salah satunya petani, petani harusnya disebut UMKM, KUR kan untuk pengusaha kecil. KUR selama ini tidak menyentuh petani, nelayan, dan industri kecil," ungkap Menkeu Bambang Brodjonegoro di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Menurut Bambang, ekonomi Indonesia didapat tidak hanya dari perdagangan tapi juga produksi. Untuk itu, petani dan peternak seharusnya disebut UMKM dan berhak menerima berbagai macam kredit.

"KUR kelemahannya itu penerimanya sangat didominasi pedagang, tidak menyentuh petani, nelayan dan industri kecil, kalau mau tumbuh cepat tidak bisa hanya bergantung ke konsumsi tapi juga ke produksi," sebutnya.

Untuk itu, dia mengaku akan memperbaiki sistem yang selama ini dinilai salah sasaran. "Kita perbaiki sistem KUR tidak hanya di ritel tapi juga di produksinya lah, di OJK nanti laporannya penyaluran KUR sekian , ini enggak fair karena di sektor produksi termasuk pertanian dan pangan tidak masuk," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini