nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina Percepat Proposal Ambil Alih Blok Mahakam

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 16 Februari 2015 10:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 02 16 19 1106254 pertamina-percepat-proposal-ambil-alih-blok-mahakam-eH7mISVoLh.jpg Dirut Pertamina: Dwi Soetjipto (Foto : Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyatakan proposal pengambilalihan Blok Mahakam, Kalimantan Timur akan diserahkan pada akhir bulan Februari 2015. Sebelumnya, pemerintah sudah memberi sinyal bahwa Pertamina akan diberikan hak atas pengelolaan blok tersebut yang bakal habis masa kontraknya pada tahun 2017.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan, pada saat ini perseroan sedang menyiapkan finalisasi pematangan proposal tersebut.

"Minggu depan kami akan diskusi dengan komisaris. Sehingga akhir bulan ini kita akan sampaikan. Itu lebih cepat dari rencana semula, yang mengajukan bulan April. Kita percepat jadi akhir Februari," kata Dwi di Jakarta, Senin (16/2/2015).

Di sisi lain, Pertamina kata Dwi memang ingin mengelola blok tersebut secara 100 persen, namun tidak menutup kemungkinan akan menggandeng mitra strategis yang sudah mempunyai pengalaman di blok tersebut. Seperti diketahui, perusahaan Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation adalah operator dari blok yang berlokasi di Kalimantan Timur ini.

"Kita berharap bahwa pengelolaan itu Pertamina dipercaya untuk mengelola blok itu. Nanti Pertamina akan kerja sama dengan pihak-pihak mana yang kita lihat sesuai kebutuhan pengoperasian, perlu dilakukan oleh Pertamina," imbuhnya.

Dwi menambahkan, pihaknya pun belum mengetahui pembagian blok tersebut kepada pemerintah daerah (pemda) terkait.

"Itu yang belum kita bicarakan. Yang penting Pertamina mau bergerak dulu dapat penunjukan atau tidak," tukasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini