Share

IKM Sektor Fashion Masih Dijauhi Perbankan

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 16 Februari 2015 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 16 320 1106601 ikm-sektor-fashion-masih-dijauhi-perbankan-tzy5R7wxTM.jpg Ilustrasi pakaian. (Foto: Okezone)
YOGYAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan melakukan pembentukan pembiayaan bersama (modal ventura). Hal ini dilakukan guna merealisasikan target Pemerintah menambah 20 ribu Industri Kecil Menengah (IKM) hingga 2019.

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Euis Saedah menuturkan, sebenarnya yang menjadi masalah adalah bunga dari perbankan yang diberikan, terlalu tinggi bagi usaha mikro dan kecil.

Menurutnya, modal ventura tersebut dikeluarkan guna membantu IKM yang biasanya sulit mendapatkan suntikan modal dari perbankan. Hal ini, dikarenakan IKM termasuk jenis usaha yang dianggap berisiko tinggi bagi pemberi modal.

"Padahal IKM sektor fashion memiliki catatan yang baik dalam pengembalian pinjaman, dan ketika minjam lagi seharusnya dikasih bunga yang lebih ramah dari sebelumnya," tutur Euis di gedung Akademi Teknik Kulit, Yogyakarta, Senin (16/2/2015).

Euis mengungkapkan, sebenarnya program modal ventura tersebut sudah dilakukan sejak tahun lalu. Namun terkendala dan dilanjutkan pada tahun ini. "Sekarang sudah mendapatkan izin dari OJK dan sudah mulai bisa jalan," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini