Share

Ditjen Pajak Akan Hilang dalam Satu Tahun

Raisa Adila, Jurnalis · Selasa 17 Februari 2015 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 17 20 1107220 dalam-satu-tahun-ditjen-pajak-akan-hilang-wrPpoD1grl.jpg Ilustrasi pajak. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sepakat untuk mengubah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menjadi Badan Penerimaan Pajak (BPP).

"Sudah rakor ambil keputusan untuk disampaikan presiden menyetujui roadmap ke depan dalam waktu tidak lama, dirjen pajak akan jadi badan penerimaan pajak," ujar Menpan-RB Yuddy Chrisnandi saat ditemui usai rakor di Kementerian Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (17/2/2015)

Dia menjelaskan, untuk merealisasikan hal tersebut membutuhkan waktu transisi karena terkait peraturan yang akan ditetapkan. "Masih perlu masa transisi peraturan Undang-undang Keuangan yang baru," katanya.

Meski demikian, dia mengatakan dalam waktu satu tahun ke depan realisasi tersebut ditargetkan dapat terwujud, mengingat beban Dirjen pajak yang cukup berat. "Melihat kebutuhan spend of control mendesak ada lebih 32 ribu pegawai bekerja di Ditjen Pajak," jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan masih memerlukan payung hukum yang jelas, agar lebih memantapkan terwujudnya Badan Penerimaan Pajak. Menurutnya, Kemenkeu memperkirakan dengan aturan tersebut maka DJP akan siap bertransformasi dalam satu tahun.

"Misal awal tahun 2016 sudah jadi badan. Tapi tidak bisa diputuskan sepihak. Mesti ada pembahasan dengan DPR, mesti ada payung hukumnya," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini