Image

Credit Suisse Taksir Ekonomi RI Cuma Bisa Tumbuh 5%

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Jum'at 20 Februari 2015, 14:31 WIB
https img z okeinfo net content 2015 02 20 20 1108302 credit suisse taksir ekonomi ri cuma bisa tumbuh 5 nsplTiGNmW jpg Ilustrasi ekonomi. (Foto: Shuttershock)
JAKARTA - PT Credit Suisse Securities Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 hanya mencapai 5 persen. Pasalnya, berbagai kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru terlihat dampaknya pada tahun depan.

"Anggaran belanja pemerintah besar, investasi asing juga mulai baik di awal tahun, mungkin pertumbuhan ekonomi bisa 6 persen. Tapi secara full year pertumbuhannya rata-rata di angka 5 persen," tutur Head of Research PT Credit Suisse Securities Indonesia Jahanzeb Naseer, di Jakarta, Jumat (20/2/2015).

Meskipun demikian, namun dirinya masih optimis dengan target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir masa pemerintahannya, yang mencapai 7 persen. Sementara itu, dirinya menghimbau kepada Pemerintah untuk bekerja keras dalam memperbaiki infrastruktur yang menunjang pertumbuhan ekonomi.

"Indonesia kelas menengahnya tinggi. Untuk target (pertumbuhan ekonomi) Pak Jokowi 7% bisa dikejar dengan infrastruktur. Kondisi politik juga penting,"imbuh dia.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi hanya 5 persen di akhir tahun. Menurut dia, dapat mengindikasikan pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi hanya tumbuh 15 persen.

"IHSG akan ada kenaikan 15 persen hingga akhir tahun ini. Jangan dilihat presentasinya. IHSG di 2013 sudah jatuh banyak, sementara 2014 naik tinggi, sehingga kenaikan 15 persen tahun ini sudah cukup bagus," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini