nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CEO Honda Mendadak Resign, Ada Apa?

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Senin 23 Februari 2015 16:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 02 23 213 1109433 ceo-honda-mendadak-resign-ada-apa-TxrEFbyTa5.jpg CEO Honda Takanobu Ito (Foto: Reuters)

TOKYO - Chief Executive Officer (CEO) Honda Motor Co Takanobu Ito berencana mengundurkan diri pada akhir Juni. Ito telah menduduki posisi tersebut sejak enam tahun lalu.

Seperti dilansir Reuters, Senin (23/2/2015), posisi Ito akan digantikan oleh Managing Officer bernama Takahiro Hachigo yang merupakan seorang insinyur yang terkenal low profile dan telah memiliki pengalaman di global.

Meski telah mengundurkan diri, nantinya Ito tetap menjadi pensehat di jajaran direksi Honda.

Pabrik mobil yang memiliki peringkat ketiga di Jepang tersebut telah mengalami masa sulit, khususnya dalam kualitas tahun lalu. Hal tersebut ditandai dengan penarikan beberapa mobil hybrid produksinya dan menyebabkan terjadinya target penurunan pada target penjualan yang agresif.

Selain itu, pengunduran diri Ito juga terjadi setelah banyaknya kasus recall akibat kerusakan pada kantong udara (airbag), yang menyebabkan enam orang meninggal. Kantong udara tersebut diketahui merupakan produksi Takata Corp.

Selama tiga tahun terakhir, Ito (61) dikenal sebagai mantan insinyur supercar yang sangat penuh semangat, bahkan dirinya dianggap telah mengguncang Honda setelah berhasil memangkas biaya dan menciptakan teknologi mutakhir. Hal tersebut diakui para pemasok lokal dan eksekutif Honda .

"Saya pikir langkah tersebut merupakan upaya Honda untuk menempuh jalur yang berbeda dengan seorang pemimpin yang menjunjung tinggi harmoni," kata seorang veteran auto analyst and CEO of Nakanishi Research Institute Takaki Nakanishi.

Ito yang pernah bekerja di US Odyssey minivan and CR-V crossover bahkan melewatkan beberapa tawaran CEO lainnya dan memilih menjadi CEO Honda sejak diumumkan dalam rapat umum pemegang saham akhir Juni.

Ito bergabung dengan perusahaan sejak 1982, dan mengawali kariernya dengan berkeliling ke beberapa negara termasuk di Amerika Serikat (AS), Inggris, dan China. Saat ini dirinya masih menjabat sebagai Vice President of Honda's R&D arm di China.

Ito menjadi CEO pada 2009 saat industri otomotif sedang terkena dampak akibat krisis keuangan global. Tahun berikutnya setelah terjadinya krisis dijalani dengan tidak mudah, terutama setelah peluncuran Honda Civic yang dianggap mengecewakan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini