nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Maritim Kaji Bangun Pembangkit Listrik di 50 Wilayah Perbatasan

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 24 Februari 2015 20:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 02 24 320 1110114 menko-maritim-kaji-bangun-pembangkit-listrik-di-50-wilayah-perbatasan-AJsHqtyEpc.jpg Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membangun pembangkit listrik di pulau dan kawasan terluar di Indonesia.

Menurutnya, saat ini ada sekira 50 wilayah perbatasan yang menjadi target pembangunan pembangkit listrik tersebut. Hal tersebut karena wilayah terluar Indonesia sudah selayaknya dicukupi pasokan listriknya.

"Listrik harus menyala di pulau-pulau terluar," tuturnya kepada Okezone di MNC Plaza, Jakarta.

Pembangunan pasokan listrik merupakan salah satu dari fokus utama Kemenko Kemaritiman tahun ini. Hal itu juga telah disetujui dan disanggupi oleh Kementerian ESDM dan PLN sebagai eksekutor.

"Kementerian ESDM sudah sepakat, PLN juga sudah sepakat. Tadinya 47 lokasi tapi ditambah tiga. Jadi Insya Allah pulau terluar seperti Pulau Weh. Wilayah perbatasan di Miana sana, di perbatasan NTT, harapan kami tahun ini bisa terealisasi," imbuhnya.

Indroyono mengaku, saat ini belum bisa memaparkan berapa investasi yang dibutuhkan, namun dirinya menegaskan setidaknya dibutuhkan sekitar 60 megawatt (mw) pasokan listrik.

"Permintaannya tidak besar, mereka hanya minta satu kali 1 mw, 500 ribu watt, 100 ribu watt. Bahkan itu saja mereka belum punya listrik dari zaman merdeka listrik belum punya," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini