nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Susi Sering Didemo, Ini Respons Menko Indroyono

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 02 Maret 2015 04:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 02 27 320 1111705 menteri-susi-sering-didemo-ini-respons-menko-indroyono-50OKEJqn43.jpg Menteri Susi Sering Didemo, Ini Respons Menko Indroyono (Indroyono Soesilo: Okezone)

JAKARTA - Sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo memiliki pandangan tersendiri terhadap menteri yang dikoordinirnya yakni Susi Pudjiastuti.

Sejak pertama kali menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP), Susi memang selalu menjadi media darling. Mulai dari gayanya yang nyentrik, hingga kebijakan-kebijakan yang sensasional dengan memunculkan beberapa Peraturan Menteri.

Menurut Indroyono sudah menjadi keharusan bagi seorang Menteri teknis untuk membuat akselerasi yang tegas. "Beliau menteri teknis harus melaksanakan itu," ujarnya kepada Okezone di Jakarta.

Namun, kebijakan tersebut diiringi juga dengan tanggapan pro dan kontra dari berbagai pihak. Bahkan hingga saat ini Susi bisa dibilang sebagai menteri yang paling sering didemo oleh berbagai kalangan, baik, pengusaha maupun nelayan.

Menurut Indroyono, efek pro dan kontra tersebut merupakan hal yang lumrah. Dia meyakini banyak pula nelayan yang mendukung kebijakan-kebijakan Menteri bawahannya itu.

"Nelayan yang mana dulu, saya didatangi HNSI. Mereka malah justru mendukung dengan syarat. Syaratnya adalah, kita akan perbaiki juklak (penunjuk pelaksana) dan juknisnya (penunjuk teknis), untuk memperbaiki itu saya melibatkan mereka juga. Mereka bilang mereka sutuju tentang alat tangkap, tapi jangan mendadak ada tenggang waktu," tukasnya.

"Kemudian untuk subsidi BBM itukan dialihkan ke sektor produktif. Mah kita juga mengajak mereka untuk memberi masuk mau dialihkan ke mana, seperti costorage, mesin kapal dan lain-lain karena itu memang haknya nelayan," tambahnya.

Indroyono menegaskan, dirinya akan terus mendukung seluruh langkah yang akan diambil oleh menteri-menteri teknisnya, selama itu bertujuan untuk mendorong kemaritiman Indonesia.

"Kalau sudah meliputi lebih dari dua kementerian, saya harus mengoordinasikannya. Saya akan dukung," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini