Share

Kudus Akan Jadi Uji Coba Penjaminan Langsung KUR

Raisa Adila, Okezone · Selasa 03 Maret 2015 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 03 457 1113318 kudus-akan-jadi-uji-coba-penjaminan-langsung-kur-X65Jkjkmn0.jpg Kudus Akan Jadi Uji Coba Penjaminan Langsung KUR (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Kudus akan menjadi kota penjaminan langsung pertama yang akan diuji coba. Pasalnya, selama ini pemerintah menerapkan penjaminan tidak langsung untuk kucuran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Penjaminan langsung sekarang kita akan melakukan uji coba di Kudus. Karena Bupatinya semangat," kata Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Sofyan Djalil di kantornya, Selasa (3/3/2015).

Nantinya, dengan penjaminan langsung ini akan ada penilaian dari Askrindo dan Jamkrindo untuk pihak yang mengajukan kredit tapi tidak memiliki bisnis yang bagus. Jika penilaiannya cukup layak, maka Akrindo akan menjamin pada Bank untuk memberikan kredit tersebut.

"Itu yang sebenarnya jadi target masa depan," ucap dia.

Selama ini, KUR hanya diberikan berdasarkan penjaminan tidak langsung oleh pihak Bank. Sehingga, nasabah yang sudah terdaftar dalam sistem informasi kredit dapat dijamin oleh Askrindo dan Jamkrindo.

"Kalau Kudus sudah bagus nanti, bisa kita terapkan secara nasional," kata Sofyan.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini