nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengetahui Isi Kekayaan Bill Gates

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2015 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 03 04 213 1113541 mengetahui-isi-kekayaan-bill-gates-FPlNtJqITz.jpg Bill dan Melinda Gates. (Foto: Reuters)

JAKARTA Bill Gates kembali didaulat menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai USD79,2 miliar atau setara Rp1.026 triliun (kurs Rp12.963 per USD). Padahal, Bill dan istrinya Melinda Gates dikenal sebagai sosok dermawan atau filantropi yang gemar beramal.

Jumlah dana yang mereka keluarkan untuk donasi juga tidak sedikit. Keduanya juga memiliki yayasan sendiri, yakni Bill and Melinda Gates Foundation. Namun, kekayaannya justru meningkat. Misalnya pada 2013, Bill Gates mendonasikan sebanyak USD28 miliar untuk yayasan tersebut.

Bill Gates merupakan pendiri Microsoft, produsen PC terbesar di dunia. Terakhir, dia masih mengantongi 4 persen saham Microsoft yang nilainya mencapai lebih dari USD13 miliar.

Tak hanya itu, dia juga mendapat kekayaan dari perusahaan investasinya, Cascade Investment. Perusahaan investasi ini dijalankan oleh orang kepercayaan Gates, yakni MIchael Larson.

Uniknya, Carscade hanya memiliki satu investor, yaitu Bill Gates. Cascade sendiri banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan terkemuka dunia.

Seperempat dari aset Bill Gates diparkir di perusahaan milik Warren Buffett, Berkhsire Hathaway. Kabarnya, jumlahnya lebih besar dari nilai saham yang tersisa di Microsoft.

Tak hanya itu, Gates juga memiliki investasi lainnya, termasuk USD3,5 miliar di Facebook, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg. Dia juga berinvestasi USD2 miliar dalam rantai Hotel Four Seasons yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Pangeran Alwaleed.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini