nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Holcim Segera Operasikan Pabrik Semen di Tuban

Timotius Aprianto, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2015 17:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 11 320 1117085 holcim-segera-operasikan-pabrik-semen-di-tuban-KUXajrCriT.jpg Ilustrasi Semen. (Foto: Okezone)

SEMARANG - PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) akan segera mengoperasikan pabrik semen terbarunya di Tuban, Jawa Timur pada tahun ini. Saat ini, Holcim memiliki lima pabrik semen, untuk memenuhi kebutuhan semen nasional.

Corporate Communication PT Holcim Indonesia Tbk Region 2, Jateng-DIY-Kalimantan, Deny Nuryandain, mengatakan saat ini pihaknya memiliki dua pabrik semen di Tuban, dimana satu pabrik telah beroperasi sejak pertengahan tahun 2014 lalu.

"Pabrik ini yang kedua di Tuban, karena yang satu sudah beroperasi tahun 2014 lalu. sebelumnya ada 2 pabrik di Bogor (Jawa Barat) dan 1 pabrik di Cilacap (Jawa Tengah)," ungkapnya di Semarang, Rabu (11/3/2015)

Menurutnya, dengan adanya pabrik Tuban, saat ini kapasitas produksi Holcim secara nasional mencapai 12,5 juta ton. Kapasitas Pabrik Holcim di Tuban sendiri mencapai 3,4 juta ton atau 1,7 juta ton untuk masing-masing pabrik. "Harapannya jika lima pabrik Holcim ini sudah beroperasi semua, kapasitas nasional bisa mencapai 12,5 juta ton semen," imbuhnya.

Menurut Deny, saat ini distribusi terbesar masih ada di Pulau Jawa. Selain itu, ada pula di Bali, Batam, Riau, Sumatra, dan Kalimantan. "Total produksi semen Holcim, 80 persen untuk konsumsi retailer dalam bentuk kantong-kantong, dan sisanya 20% untuk proyek-proyek," jelasnya.

Khusus di luar Jawa, semen dari pabrikan di Pulau Jawa dikirim dalam bentuk curah. Holcim memiliki packing plan dan silo di Batam, Dumai, Riau, Pontianak, dan Celukan Bawang-Bali. "Market share Semen Holcim secara nasional saat ini di kisaran 14 persen," tandasnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini