Mebel Indonesia Digemari oleh Malaysia

ant, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2015 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 12 470 1117435 mebel-indonesia-digemari-oleh-malaysia-p5p48pict3.jpg Ilustrasi furnitur. (Foto: Okezone)
KUALA LUMPUR - Aneka produk mebel (furniture) buatan Indonesia mendapatkan pasar yang bagus di mancanegara dengan perolehan transaksi sekitar USD850 ribu dalam pameran Malaysia International Furnitur Fair (MIFF) 2015, di Kuala Lumpur.

Berdasarkan keterangan KBRI Kuala Lumpur, menyebutkan bahwa transaksi yang diperoleh tersebut berasal dari pembelian yang dilakukan oleh konsumen dari Malaysia dan sejumlah negara yang menghadiri pameran tersebut.

Pameran MIFF merupakan pameran tahunan dan saat ini masuk ke 21 kali yang akan diikuti oleh peserta dari Amerika Serikat, Bulgaria, China, Hongkong, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Perancis, Singapura, Spanyol, Taiwan dan Turki.

Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur, Fajarini Puntodewi, menjelaskan produk furniture yang meraih transaksi di antaranya adalah kasur kesehatan (matras), mebel untuk medikal, mebel yang terbuat dari metal, mebel untuk keperluan rumah tangga serta mebel untuk keperluan.

"Produk-produk tersebut mendapatkan pasar di Malaysia, Eropa, Timur Tengah serta beberapa negara di Asia," ungkapnya Kamis (12/3/2015).

Sementara itu, pangsa pasar ekspor produk furniture Indonesia di Malaysia pada 2014 hanya sebesar 4,21 persen dengan nilai ekspor USD31,09 juta. Jumlah itu masih relatif sedikit jika dibandingkan dengan total impor Malaysia untuk produk tersebut. Total impor Malaysia senilai USD738,69 juta.

Dalam lima tahun terakhir (2010-2014), tren ekspor produk mattress dan medical furniture ke Malaysia mengalami pertumbuhan masing-masing 21,44 persen dan 31,79 persen. Meskipun demikian, pada 2014, total ekspor furniture turun sebesar 4,82 persen.

Sedangkan, pesaing Indonesia di pasar Malaysia adalah Tiongkok, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura dan Vietnam.

Pada MIFF kali ini KBRI Kuala Lumpur memfasilitasi 6 perusahaan Indonesia yaitu CV Beta Foam Industrial, PT. Cahaya Sakti Furintraco, PT. Indorack Multikreasi, PT. Modera Furintraco Industri, PT. Timur Jaya Prestasi, PT. Wahana Lentera Raya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini